Attending Harlah NU ke 88 bersama PKB “Ulama are the founding fathers of Pancasila”

Berdirinya NKRI – Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah atas perjuangan para Nasionalis & peran para Ulama.

Para ulama & nasionalis merancang Pancasila yang diramu dengan merujuk pada sendi-sendi & norma-norma ajaran Islam. Suka tidak suka, mau tidak mau, Negara ini dibentuk oleh campur tangan para ulama.

Pancasila sebagai lambang Negara Indonesia mempunyai esensi spiritual & sakral. Untuk bisa mengamalkannya dari sila pertama dibutuhkan pemahaman dasar agama, norma-norma & sendi-sendi ajaran Islam yang indah & agung. Jika kita mengerti & kemudian faham memahaminya maka kita akan mudah mengamalkannya. Jika secara berulang & terus menerus melatih diri kita mengamalkan sila pertama dalam hidup bermasyarakat maka tanpa kita sadari kita telah menegakkan sila ke 2 dst.

Moment ini seharusnya bisa menjadi refleksi yang positif bagi masyarakat yang menghadiri acara Harlah NU tersebut. Semangat untuk mulai mengamalkan Pancasila yang dimulai dari diri kita sendiri,kemudian keluarga kecil kita dirumah dan ke masyarakat.

Tidak semudah membalik telapak tangan untuk menegakkan Pancasila dalam diri kita sendiri, tetapi tidak ada yang tidak bisa jika kita tanamkan niat dan berusaha sebagai perjuangan kita mencapai kesejahteraan hidup dibumi Indonesia.

One thought on “Attending Harlah NU ke 88 bersama PKB “Ulama are the founding fathers of Pancasila”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s